KUTIPAN ILMU

TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG IBRAHIMMANOREK.BLOGSPOT.COM

TIPE DATA

|

Struktur data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan terhadapnya.

Data secara umum dapat dikategorikan :

· Tipe data sederhana atau data sederhana

1. Tunggal

:

Integer, Real, Boolean, Karakter

2. Majemuk

:

String

· Struktur Data

1. Sederhana

:

Array dan Record

2. Majemuk terdiri atas

· Linier

:

Linier Linked List, Stack, Queue

· Non Linier

:

Binary Tree, Binary Search Tree, General Tree, Tree, Graf

§ INTEGER

Anggota dari himpunan bilangan :

{..., -(n+1), -n, ..., -2, -1, 0, 1, 2, ..., n, n+1, ...}

Operasi dasar yaitu : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan

Pembagian Integer (DIV)

Hasil pembagian integer DIV adalah sebuah integer (menghilangkan bagian pecahan dari hasil pembagian)

Contoh : 27 DIV 4 = 6

Selain itu terdapat operasi MOD (Modulo) adalah sisa dari pembagian

Contoh : 27 MOD 4 = 3

Operator yang bekerja terhadap sepasang integer (operand) disebut Binary Operator. Sedangkan operator yang hanya bekerja terhadap satu operand saja disebut Unary Operator.

Contoh dari unary operator adalah negasi.

§ REAL

Data numerik yang bukan termasuk integer, digolongkan dalam jenis data real. Ditulis menggunakan titik desimal (atau koma desimal). Dimasukkan ke dalam memori komputer memakai sistem floating point, disebut Scientific Notation.

Penyajiannya terdiri dari : mantissa (pecahan) dan eksponen.

Contoh :

Di dalam sistem desimal, 123000 = 0.123 * 106

di sini 0.123 adalah mantissa atau pecahan, sedangkan 6 adalah eksponennya.

Secara umum suatu bilangan real X dituliskan M * RE

di sini : M dijadikan pecahan, R adalah radixnya dan E merupakan eksponennya.

§ BOOLEAN

Disebut juga jenis data logical. Anggota { true atau false}.

A. Operator Logika, yaitu : AND, OR, NOT

· Operator AND akan menghasilkan nilai true, jika kedua operand bernilai true.

· Operator OR akan menghasilkan nilai true, jika salah satu operand bernilai true

· Operator NOT merupakan “precedence” dari operator AND dan OR.

Dalam suatu ekspresi yang tidak menggunakan tanda kurung, operator NOT harus dievaluasi sebelum operator AND dan OR.

B. Operator Relasional, yaitu : >, <, >=, <=, <> dan =

Contoh : 6 < 8 =" True

9 < 8 =" False

§ KARAKTER

Elemen dari suatu himpunan yang terdiri atas bilangan, abjad dan simbol khusus.

(0,1,...,8,9, A, B, ..., Y,Z, +, -,*,Ö, ...}

§ STRING

Barisan hingga karakter yang dibentuk oleh suatu kumpulan dari karakter.

Karakter yang digunakan untuk membentuk suatu string disebut alfabet. Dalam penulisannya, suatu string berada dalam tanda “aphosthrope”.

Contoh :

Misal diberikan himpunan alfabet A = {C,D,1}.

String yang dapat dibentuk dari alfabet di atas di antaranya : ‘CD1’,’CDD’,’DDC’,’CDC1’,... dan sebagainya, termasuk “null string” atau “empty string”

Himpunan tak hingga dari string yang dibentuk oleh alfabet A disebut VOCABULARY, Notasi : VA atau A*

Jika suatu string dibentuk dari alfabet {0,1}, maka string yang terbentuk disebut dengan “Bit String”.

OPERASI

Operator

Jumlah karakter dalam string

LENGTH

Gabungan 2 buah string

CONCAT

Sub bagian dari string

SUBSTR

Menyisipkan string ke dalam string yang lain

INSERT

Menghapus karakter dalam string

DELETE

LENGTH

Nilai dari operasi ini adalah suatu integer yang menunjukkan panjang dari suatu string .

Notasi : LENGTH(S) = N (integer)

di sini S = String, N = integer

Contoh :

· Jika diberikan string S =‘a1a2 ... aN

Maka LENGTH(S) = N

· Jika diberikan string S =“SISTEMINFORMASI”

Maka LENGTH(S) = 15

· Jika diberikan string S =“SISTEM INFORMASI”

Maka LENGTH(S) = 16

· Jika diberikan string S = “ABCD20”

Maka LENGTH(S) = 6

CONCAT

Operasi ini bekerja terhadap dua string dan hasilnya merupakan resultan dari kedua string tersebut.

Jika S1 dan S2 masing-masing adalah suatu string, maka bentuk operasi CONCATENATION dinotasikan dengan : CONCAT(S1, S2).

Contoh :

Misal S1 = ‘a1a2 ... aN’ dan S2 =‘b1b2 ... bM

Maka CONCAT(S1,S2) = ‘a1a2 ... aNb1b2 ... bM

String S1 = "UNIVERSITAS"

String S2 = "GUNADARMA"

CONCAT(S1, S2)= "UNIVERSITASGUNADARMA"

LENGTH(CONCAT(S1, S2)) = 20

LENGTH(S1) + LENGTH(S2) = LENGTH(CONCAT(S1, S2))

11 + 9 = 20

20 = 20

SUBSTR

Operasi ini adalah operasi membentuk string baru, yang merupakan bagian dari string yang diketahui.

Notasi : SUBSTR(S, i, j)

di sini : S = string yang diketahui

i dan j = integer

i = posisi awal substring 1 £ i £ LENGTH(S)

j = banyak karakter yang diambil

0 £ j £ LENGTH(S) dan 0 £ i+j-1 £ LENGTH(S)

Contoh :

Diberikan S = ‘a1a2 ... aN’ ; i = 2 ; j= 4

Maka SUBSTR(S,i,j) = SUBSTR(S,2,4) =‘a2a3a4a5

· String S = "UNIVERSITASGUNADARMA"

SUBSTR(S,i, j) , i = 7 j = 8

SUBSTR(S,4,8) = "SITASGUN"

· String S = "UNIVERSITAS"

SUBSTR(S,4,5) = "VERSI"

LENGTH(SUBSTR(S,4,5)) = 5

· String S = "GUNADARMA"

SUBSTR(S,3,4) = "NADA"

LENGTH(SUBSTR(S,3,4)) = 4

Catatan :

1. LENGTH(SUBSTR(S,i,j)) = j

2. SUBSTR(CONCAT(S1,S2),1,LENGTH(S1)) = S1

3. SUBSTR(CONCAT(S1,S2),LENGTH(S1)+1,LENGTH(S2)) = S2

INSERT

Operasi ini adalah untuk menyisipkan suatu string ke dalam string lain.

Bentuk umumnya adalah :

INSERT(S1,S2,i). S1 dan S2 masing-masing adalah suatu string dan i adalah posisi awal S2 pada S1.

Contoh :

Misalkan : S1 = ‘a1a2 ... aN

S2 = ‘b1b2 ... bM

INSERT(S1, S2,3) = ‘a1a2b1b2 ... bMa3a4... aN

String S1 = "UNIVERSITAS"

String S2 = "GUNADARMA"

INSERT(S1,S2,4) = “UNIGUNADARMAVERSITAS”

INSERT(S2,S1,4) = “GUNUNIVERSITASADARMA”

DELETE

Operasi ini digunakan untuk menghapus sebagian karakter dalam suatu string.

Bentuk umumnya adalah :

DELETE(S,i,j) ® menghapuskan sebagian karakter dalam string S, mulai dari posisi i dengan panjang j.

Contoh :

Diberikan string S = ‘a1a2 ... aN

DELETE(S,3,4) = ‘a1 a2 a7a8 ... aN

· String S = "UNIVERSITAS"

i = 4, j = 5

DELETE(S,i,j) = “UNITAS”

DELETE(S,j,i) = “UNIVTAS”

· String S = “GUNADARMA”

DELETE(S, 3, 5) = “GUMA”

DELETE(S, 5, 3) = “GUNAMA”

DEKLARASI DALAM BAHASA PEMROGRAMAN

§ PASCAL

Var Count : integer;

Switch : boolean;

Betha : char;

Alamat : packed array [1..25] of char;

§ COBOL

DATA DIVISION

01 Count PICTURE S999.

01 Flda PICTURE X.

88 Switch VALUE ‘Y’.

01 Betha PICTURE X.

01 Alamat PICTURE X(25).

MAPPING KE STORAGE

§ INTEGER

Bentuk mapping ke storage dari integer dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

1. Skema Sign and Magnitude

2. Skema One’s Complement

3. Skema Two’s Complement

© SKEMA SIGN AND MAGNITUDE

Cara ini merupakan bentuk konvensional yang digunakan manusia untuk menyatakan suatu bilangan dalam bentuk biner. Di sini representasi bilangan positif dan negatif hanya dibedakan dengan tanda saja. Biasanya tanda positif atau negatif ditunjukkan oleh digit terdepan dari bentuk binernya, untuk representasi dengan jumlah digit tertentu.

Contoh :

+5 ® + 101 atau 5 ® 101

-5 ® - 101

Catatan : tanda (+) biasanya diabaikan

© SKEMA TWO’S COMPLEMENT

Jika x bilangan bulat non negatif maka x’ bilangan binary negatif dari x sedemikian sehingga x + x’ = R

R = 2N

N = jumlah digit maksimum

x’ = R - x

Contoh :

Bila N = 4, maka R = 24 = 16

x = 5 ® 0101

x’ = R - x

= 16 - 5 = 11 ® 1011 (-5)

© SKEMA ONE’S COMPLEMENT

Jika x bilangan bulat non negatif maka x’ bilangan binary negatif dari x sedemikian sehingga x + x’ = R

R = 2N - 1

N = jumlah digit maksimum

x’ = R – x

Contoh :

Bila N = 4, maka R = 24 - 1= 15

x = 5 ® 0101

x’ = R - x

= 15 - 5 = 10 ® 1010 (-5)

Catatan

Untuk R = 2N dan R = 2N - 1, bilangan bulat yang dapat disimpan dalam storage untuk ke-2 cara ini adalah :


2 (N-1) - 1

Untuk R = 24, bilangan bulat terbesar = 23 -1, maka r = 24 merepresentasikan bilangan dari -7 sampai dengan +7

INTEGER

SIGN &

MAGNITUDE

TWO’S

COMPLEMENT

ONE’S

COMPLEMENT

-7

-111

1001

1000

-6

-110

1010

1001

-5

-101

1011

1010

-4

-100

1100

1011

-3

-011

1101

1100

-2

-010

1110

1101

-1

-001

1111

1110

0

000

0000

0000

1

001

0001

0001

2

010

0010

0010

3

011

0011

0011

4

100

0100

0100

5

101

0101

0101

6

110

0110

0110

7

111

0111

0111

§ KARAKTER

Ada banyak skema yang digunakan untuk merepresentasikan karakter dalam storage. Pada umumnya skema yang paling banyak digunakan adalah :

1. Extended Binary Coded Decimal Interchange (EBCDIC)

Digunakan kode 8 bit untuk menyatakan sebuah karakter. Jika dihitung, kemungkinan kombinasi seluruhnya : 28 = 256.

2. American Standard Code for Information Interchange (ASCII)

Digunakan kode 7 bit untuk menyatakan sebuah karakter. Jika dihitung, kemungkinan kombinasi seluruhnya : 27 = 128.


§ STRING

Untuk mengetahui bentuk mapping pada storage dari suatu string, perlu diketahui beberapa hal yang menyangkut ruang untuk string yang bersangkutan antara lain :

- letak posisi awal (start) dan posisi akhir (terminal)

- suatu pointer yang menunjukkan lokasi pada storage

Ada tiga cara yang umum digunakan untuk mapping suatu string ke dalam storage.

Misal diberikan dua string, yaitu :

S1 = ‘ABCDEFG’ dan S2 = ‘BCD’

v CARA 1

Menggunakan tabel informasi :

- nama string (NAME)

- alamat awal (START)

- panjang string (LENGTH)

NAME

START

LENGTH

STRING1

PTR1S

7

STRING2

PTR2S

3

Format penyimpanannya dapat berupa :

ABCDEFGBCD atau ABCDEFG


PTR2S

PTR1S PTR2S PTR1S

v CARA 2

Menggunakan tabel informasi :

- nama string (NAME)

- alamat awal (START)

- alamat akhir (TERM)

NAME

START

TERM

STRING1

PTR1S

PTR1T

STRING2

PTR2S

PTR2T

Format penyimpanannya dapat berupa :

ABCDEFGBCD atau ABCDEFG

PTR1T PTR2T PTR2T PTR1T

PTR2S

PTR1S PTR2S PTR1S

v CARA 3

Menggunakan tabel informasi :

- nama string (NAME)

- alamat awal (START)

- suatu tanda yang menunjukkan batas string

NAME

START

STRING1

PTR1S

STRING2

PTR2S

Penyimpanannya :

ABCDEFG#BCD#


PTR1S PTR2S

Cara lain yaitu : 1. Packed

2. Unpacked

Suatu string yang direpresentasikan dalam bentuk packed terbagi atas beberapa word. Banyaknya karakter untuk masing-masing word tergantung dari kode yang digunakan oleh mesin (bit-nya).

Secara umum jumlah word yang digunakan untuk merepresentasikan string S dalam storage dengan K karakter per word adalah :


LENGTH(S)


K

Contoh :

Misal diberikan string S =“UniversitasGunadarma”, direpresentasikan dalam 4 karakter per word dalam bentuk packed. Maka secara fisik dapat digambarkan :

Univ

ersi

tasG

unad

arma

Jumlah word : 5

Jumlah karakter/word : 4

Sedangkan cara unpacked, setiap word terdiri hanya satu karakter, berarti jumlah word yang diperlukan untuk merepresentasikan suatu string S adalah : LENGTH(S)

Contoh :

Diberikan string S = “Gunadarma”. Representasinya dalam bentuk unpacked adalah : LENGTH(S) = 9

G

u

n

a

d

a

r

m

a


Free Articel

masukkan email anda :


0 komentar:

Posting Komentar