KUTIPAN ILMU

TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG IBRAHIMMANOREK.BLOGSPOT.COM

Trik Membuat File Teks Tersembunyi Dengan Notepad

|
Pernahkah Anda membayangkan –ya membayangkan saja– bahwa Notepad, teks editor sederhana yang sudah ada sejak Windows 3.1.1 itu punya fungsi yang mengagumkan? Anda mungkin tidak percaya jika program sesederhana Notepad bisa memberikan fungsi yang tidak mudah ditemukan program lain, yakni menyembunyikan file teks yang dalam file .TXT yang sebenarnya. Ya, menyembunyikan teks dalam suatu file .TXT sehingga apa yang tampil dalam file tersembunyi ini tidak akan tampil jika hanya dibuka dengan Notepad seperti biasa. Bahkan dengan berbagai program pengolah dan penampil teks dalam Asosiasi file WindowsXP!

Anda bisa menyembunyikan file teks sederhana tanpa menggunakan program tambahan apapun serta bisa Anda pamerkan ke rekan Anda :)Dengan cara ini file yang tersembunyi hanya bisa dibuka jika Anda tahu persis nama file yang digunakan. Menarik bukan?

Untuk membuat file semacam ini, kita akan bermain-main sedikit dengan DOS. Ya, tentu saja tidak dengan cara biasa.

Peringatan:
Sebelumnya saya perlu ingatkan kepada Anda untuk mengingat betul-betul nama file hidden Anda karena file rahasia tersebut hanya bisa membuka file dengan benar jika Anda ingat nama filenya dengan persis.

Untuk membuat file rahasia yang kita bahas, ikuti langkah berikut:

  1. Jalankan Ms. DOS dari Start > Run > ketik CMD dan tekan [Enter].
  2. Biasanya, secara otomatis Windows akan menempatkan Anda diC:\Documents and Settings\Nama-user-Anda. Gunakan perintah standar DOS untuk menuju folder yang Anda inginkan. Sekedar untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut perintah terkait yang bisa Anda gunakan:
    CD (nama-folder) [Enter] : untuk masuk ke (nama folder) Anda. Misal: CD dokumen [Enter]
    DIR [Eenter]: menampilkan daftar file dalam folder dimana Anda berada.
    (nama drive): [Enter]: pindah ke (nama drive) yang Anda inginkan. Misal, untuk pindah ke drive D:, ketik D: [Enter].
3. Selanjutnya, ketik perintah berikut:
notepad FileAsli.txt:FileRahasia.txt [Enter]
atau notepad
FileAsli.txt:FileRahasia [Enter]

Anda akan diminta konfirmasi Create a New File? Klik Yes seperti gambar berikut.




Keterangan:
Anda bisa mengganti nama file FileAsli.txt menjadi nama file yang Anda inginkan. Perhatikan bahwa dua nama file tersebut dipisahkan oleh ada tanda : . Dalam contoh di atas Saya membuat file rahasia bernamaFileRahasia.txt di dalam FileAsli.txt.




4. Sekarang Anda bisa memasukkan teks Anda dalam file rahasia. Akhiri dengan menyimpan file dan tutup Notepad.
5. Lihat lokasi penyimpanan file dengan Windows Explorer. Anda akan menemukan FileAsli.txt yang tidak tersembunyi di sana. Buka seperti biasa dengan Notepad dan Anda tidak akan menemukan teks apapun di sana. Sampai di sini proses pembuatan file rahasia Anda sudah selesai. Namun untuk mengalihkan perhatian orang yang tidak Anda inginkan, tambahkan teks normal yang Anda pilih. Akhiri dengan menyimpan teks dan tutup Notepad.



6. File teks bernama FileRahasia.txt tidak akan terlihat dalam Windows Explorer maupun DOS.Untuk membuka atau meng-edit kembali file rahasia Anda, Ketik perintah seperti pada langkah nomor-3 di atas dalam Ms. DOS.
notepad FileAsli.txt:FileRahasia.txt [Enter] atau
notepad FileAsli.txt:FileRahasia [Enter]




Dengan cara di atas, Anda sudah berhasil membuat file rahasia. File tersebut hanya akan menampilkan teks normal jika dibuka dengan Notepad seperti biasa. Namun dibalik itu dengan sedikit trik Anda bisa membuka file rahasia Anda dan hanya Anda sendiri yang tahu. Menarik bukan?

Semoga bermanfaat. :)


Sumber: GBK


Free Articel

masukkan email anda :


0 komentar:

Posting Komentar