KUTIPAN ILMU

TERIMAKASIH ANDA TELAH MENGUNJUNGI BLOG IBRAHIMMANOREK.BLOGSPOT.COM

MYOB

|

1. MYOB merupakan program computer akuntansi (accounting software),MYOB dimulai diAustralia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau.

2. perbedaan MYOB dengan software akuntansi lainnya

=> Dari segi harga MYOB dapat dikatakan software akuntansi yang cukup murah dengan fitur-fitur yang ditawarkan, yakni harga termahalnya $ 1,000.

=> Dalam hal pengoperasiannya, MYOB menampilkan fitur-fitur yang mudah dipahamai, operator tinggal mengikuti alur proses yang disediakan dalam software ini. Namun dalam men-set up di awal ketika hendak menyesuaikan dengan proses bisnis perusahaan memerlukan kejelian, karena MYOB telah menyediakan bentuk proses baku sesuai dengan pilihan ketika men-set up. Sehingga apabila telah salah menentukan proses bisnis saat set up maka selanjutnya proses bisnis yang disediakan akan menjadi kurang relevan.

=> Dalam kepentingan perpajakan, software ini tidak relevan (tidak tersedia) dengan sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.

3. Keuntungan Menggunakan MYOB

· Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi

· Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan

· Mengerti lebih dalam bisnis

· membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja.

· Mengelola barang dagangan

· Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll

4. Kelebihan MYOB :
1. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
7. Adanya fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database terpelihara dengan baik.
8. Mempermudah Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
9. Fitur Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
10. Adanya penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.

5. kelemahan MYOB :
1. tidak ada file backup otomatis - harus dilakukan manual
sumber :
http://www.anneahira.com/artikel-umum/myob.htm
2. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
3. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
4. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
5. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
6. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
7. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
8. database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
9. penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
10. Belum mendukung multi gudang.



6.Kekurangan MYOB

a.Untuk penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy.

b.Dibutuhkan kejelian tinggi untuk memposting akun agar tidak tertukar dengan akun lainnya

c.Format Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)


Free Articel

masukkan email anda :


1 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks coyyyyyyy!

Posting Komentar